DIALOG RASULULLAH (SAW) DENGAN RUSA

DIALOG RASULULLAH (SAW) DENGAN RUSA

Nabi Muhammad SAW memang telah dianugerahi dengan banyak mukjizat yang luar biasa. Selain mukjizat terbesar berupa Al Qur'an atau mampu membelah bulan, Rasul juga mengerti bahasa binatang seperti Nabi Sulaiman as, salah satunya adalah hewan yang bernama rusa.

Kisahnya.
Diriwayatkan oleh Abu Na'im di dalam kitab Al-Hilyah, bahwa seorang laki-laki tengah lewat di sisi Nabi Muhammad SAW dengan membawa seekor rusa hasil tangkapannya. Lalu Allah SWT yang berkuasa atas semua makhluk-Nya, telah menjadikan rusa  itu berbicara kepada Nabi Muhammad SAW.

"Wahai Pesuruh Allah, sesungguhnya aku mempunyai beberapa anak yang masih menyusu, dan sekarang aku sudah ditangkap sedangkan anak-anakku kelaparan," kata rusa itu meminta belas kasihan.

Rusa Mengadu.
Rasulullah SAW yang mampu mengerti bahasa rusa itu lantas berdialog dengan si rusa.

"Apakah yang engkau harapkan dariku?" tanya Rasulullah SAW.

"Tolong perintahkan orang ini melepaskan aku supaya aku dapat menyusukan anak-anakku dan sesudah itu aku akan kembali kemari," janji rusa itu dengan sangat memohon.

"Bagaimana kalau engkau tidak kembali lagi ke sini?" tutur Rasululah SAW.
"Kalau aku tidak kembali kemari, nanti kutukan  Allah SWT keatasku sebagaimana kutukanNya terhadap orang yang tidak mengucapkan selawat bagi engkau apabila disebut nama engkau di sisinya," janji kijang itu.

Lalu Nabi Muhammad SAW pun bersabda kepada orang itu untuk melepaskan rusa itu buat sementara waktu.
"Wahai pemuda, lepaskanlah rusa ini, dan aku akan menjadi penjaminnya," kata Rasululah SAW.

Atas perintah Rasulullah SAW, pemuda itu pun akhirnya melepaskan rusa itu. Rusa itu langsung berlari menuju anak-anaknya untuk meberikan susu. Setelah semua anak-anaknya kenyang, sang ibu kembali lagi menemui Rasululah SAW dan pemuda itu menangkapnya kembali.

Maka turunlah malaikat Jibril dan mengucap pesan dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW.
"Wahai Muhammad, Allah SWT mengucapkan salam kepada engkau dan Allah SWT berfirman,
Demi kemulianKu dan kehormatanKu, sesungguhnya Aku lebih kasih umat Muhammad dari rusa itu kasih anak-anaknya dan Aku akan kembalikan mereka kepada engkau sebagaimana rusa itu kembali kepada engkau."

SILA SHARE DAN SEBARKAN

No comments:

Post a Comment

LAGENDA SUMPAHAN MAHSURI

LAGENDA SUMPAHAN MAHSURI Dikatakan, kisah Mahsuri yang sinonim dengan Pulau Langkawi, berlaku sekitar pemerintahan Sultan Abdullah Mukarram...